Senin, 25 April 2016

Wisata Religi Pati di Makam Mbah Brojoseti Singo Barong



Wisata religi Pati di makam Mbah Brojoseti Singo Barong yang berlokasi di Dukuh Sepande, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini merupakan salah satu wisata religi lokal yang berada di wilayah Kabupaten Pati.

Kabupaten Pati sendiri, menyimpan berbagai objek wisata. Baik itu wisata alam Pati, wisata kuliner Pati, wisata pantai Pati, wisata budaya Pati dan termasuk wisata religi Pati yang tak kalah menarik dengan wisata religi Rembang, wisata religi Kudus, wisata religi Grobogan, wisata religi Blora dan juga wisata religi Jepara.

Pendiri Desa Dukuhseti Pati
Mbah Brojoseti Singo Barong, dalam sejarahnya disebut sebagai pendiri Desa Dukuhseti, Kabupaten Pati. Profil Desa Dukuhseti Pati, tak lepas dari nama Seti yaitu diambil dari kata Brojoseti.

Oleh karena itu, setiap setahun sekali, warga Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati menggelar Haul Mbah Brojoseti Singo Barong dengan berbagai perayaan. Mulai dari tahlil umum, tahtimul quran, pengajian, grebek budaya dan karnaval atau kirab budaya sebagai puncak acara.

Di wilayah Dukuhseti sendiri, banyak tokoh Islam, baik di wilayah Kecamatan Dukuhseti maupun di luar itu. Seperti KH Ahmad Mutamakki Kajen, Syekh Ronggo Kusumo Ngemplak, kemudian makam KH Hasbullah Kembang, Dukuhseti, Makam Mbah Anggur Dukuhseti atau Syekh Hamim, Makam Mbah Kelompro atau Klompro Dukuhseti dan lain sebagainya.

“Kami sudah menyusun buku kisah perjuangan Mbah Brojoseti Singo Barong dan babad alas Dukuhseti,” beber Ngalimun, Ketua Pengurus Makam Mbah Brojoseti Singo Barong.

Dikatakan dia kepada harian grobogan bahwa keberadaan Makam Mbah Brojoseti Singo Barong sangat penting dan penanda sejarah. “Kalau sejarah singkat Mbah Brojoseti Singo Barong itu dulu keturunan Mataram.  Beliau muridnya Mbah KH Mutamakkin Kajen yang dulu memiliki musuh namnya Ki Gede Tualang yang merupakan siluman penguasa Desa Dukuhseti,” kata perangat Desa Dukuhseti tersebut.

Lokasi Wisata Religi Pati Mbah Brojoseti Singo Barong
Lokasi wisata Religi Pati Mbah Brojoseti Singo Barong ini berada di kawasan pemakaman Desa Dukuhseti. Tepatnya di Dukuh Sepande, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti atau berada sekitar 10 KM dari Jalan Tayu ke Dukuhseti.

Anda bisa menuju ke lokasi tersebut, dengan naik sepeda motor atau angkutan umum jurusan Tayu-Puncel yang tarifnya sangat ringan di dompet. Selamat berkunjung di Makam Mbah Brojoseti Singo Barong Dukuhseti, Pati.  (24/3/2016)
thumbnail
Judul: Wisata Religi Pati di Makam Mbah Brojoseti Singo Barong
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Sejarah Islam :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz