Senin, 25 April 2016

Wisata Religi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati



Bagi Anda warga Kabupaten Pati, sangat wajib mengunjungi  wisata religi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati yang berada di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selama sudah banyak orang mengunjungi wisata religi Pati seperti Makam KH Mutamkkin Kajen, Makam Mbah Ronggo Kusumo Ngemplak, Makam Angling Darman, Makam Saridin atau Syekh Jangkung, Makam KH Hasbullah Kembang, Makam Ki Jogo Rekso, Makam Mbah Anggur murid Mbah Brojoseti Singo Barong dan makam-makam lain yang dikeramatkan di Pati.

Di tingkat nasional, wisata religi memang ada di tiap kabupaten/kota, seperti di Rembang ada makam RA Kartini, di Kudus ada Makam Sunan Kudus dan petilasan-petilasan sejarah lain yang berada di Kabupaten Kudus. Sedangkan di Demak, ada makam Sunan Kalijaga, Raden Patah dan makam-makam lain yang menjadi destinasi wisata religi.   
Sebagai pecinta wista, terutama wisata religi, tentunya Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati ini pantas menjadi salah satu rujukan saat berwisata di Kabupaten Pati. Selama ini yang dikunjungi hanya wisata alam, wisata laut, wisata pegunungan, wisata pantai dan lainnya.

Sejarah Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati
Sejarah Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati tak terlepas dari kisah berdirinya Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Kata “Dukuhseti” diambil dari nama Mbah Brojo Seti. Mbah Brojo Seti, dari data yang digali harian semarang, dikenal sebagai seorang waliyullah, ia adalah murid KH Ahmad Mutamakkin Kajen.

Menurut Kiai Zabidi Tayib (2004), Mbah Brojo Seti Singo Barong secara fisik adalah seorang kulitnya berwarna  hitam yang hobi menggembala kambing. Beliau juga memiliki murid bernama Syekh Hamim atau dikenal sebagai Mbah Anggur yang juga seorang penggembala. Menurut Zabidi, Brojo Seti Singo Barong adalah satu-satunya wali di tanah Jawa yang bernama Jawa asli dan berkulit hitam.
Pendapat lain juga dikemukakan oleh Ngalimun (2015) Ketua Pengurus Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong periode 2014-2017, menurut dia, Mbah Brojo Seti Singo Barong adalah orang pertama yang babat Desa Dukuhseti. Dulu, Mbah Brojo Seti Singo Barong juga sempat memerangi Belanda. Saat itu, dari literatur yang digali hariansemarang.com pusat Kantor Kecamatan Dukuhseti berada di perempatan Tanggul Dukuhseti, akan tetapi oleh Belanda dipindah di Desa Alasdowo sampai sekarang. Nama Dukuhseti, kini diambil menjadi salah satu nama Kecamatan di Kabupaten Pati.


Masyarakat sekitar mempercayai, bahwa Mbah Brojo Seti Singo Barong memiliki karomah yang hebat atas izin Allah. Dulu, menurut Ngalimun, Mbah Brojo Seti Singo Barong juga sempat mengusir Ki Gede Tualang, seorang siluman yang bisa berwujud apa pun. Nama Ki Gede Tualang, diambil dari kata “Watu Malang”, yaitu batu yang miring, karena siluman tersebut suka berubah menjadi batu di sawah tualang, yang saat ini sawah di sebelah barat Desa Dukuhseti diberi nama Sawah Tualang.

Lokasi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong
Anda bisa mengunjungi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong, dengan langsung menuju lokasi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong, yaitu di Dukuh Spande, kompleks Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong.

Jika dari Tayu-Pati, Anda bisa naik angkutan umum warna kuning jurusan Tayu-Puncel dan bilang saja kepada sopir untuk turun di Spande atau Pasar Dukuh. Setelah turun, Anda bisa berjalan atau naik ojek sekitar 500 meter arah Dukuh Kulon. Sesampainya di lokasi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong, Anda bisa langsung berziarah di lokasi makam.

Fasilitas Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong
Fasilitas Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong ada makam, toliet, tempat wudu, kamar juru kunci, dan lainnya. Makam ini, selalu ramai di hari-hari tertentu, terutama hari Kamis dan Jumat. Sebab, hampir semua warga Dukuhseti berziarah di hari Kamis.

Haul Mbah Brojo Seti selalu diperingati masyarakat dengan berbagai kegiatan. Mulai dari tahlil umum, manaqiban, barzanji, juga burdahan, pengajian akbar, tahtimul quran hingga karnaval akbar yang dilakukan para warga.

Jika Anda tertarik, silahkan saja langsung mampir di Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong sebagai salah satu destinasi wisata rohani di Desa Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
8/02/2015 09:46:00 PM
thumbnail
Judul: Wisata Religi Makam Mbah Brojo Seti Singo Barong Dukuhseti Pati
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Sejarah Islam :

1 komentar:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz