Senin, 25 April 2016

Haul Mbah Brojo Seti



Perayaan  spektakuler  yang ada di desa Dukuhseti merupakan suatu perayaan yang dilakukan rutin pada setiap tahunnya, mulai tanggal 1 Mulud sampai 12 Mulud (dalam kalender Jawa dan kalender Arab). Berbagai perayaan dalam memperingati peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan memperingati haul Mbah Brojo Seti yang bersamaan tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang menarik untuk disaksikan oleh masyarakat desa dan masyarakat sekitar.

Desa ini terletak di wilayah kabupaten Pati paling utara dan langsung berbatasan dengan wilayah kabupaten Jepara. Pada bulan Mulud (dalam kalender Jawa) di daerah ini memiliki sebuah tradisi yang disebut Mauludan. Mauludan ini dihiasi dengan berbagai acara yang dimaksudkan untu memeriahkan perayaan tersebut. Acara-acara tersebut menjadi ajang pertunjukan menarik bagi seluruh masyarakat desa dan masyarakat sekitar desa.

Salah satu acara pucak perayaan ini yang menarik adalah adanya karnaval yang spektakuler pada perayaan tersebut. Karnaval tersebut biasanya diikuti oleh masing-masing dusun yang berada di desa tersebut. Karnaval bisa tergabung menjadi sangat panjang danramai. Berbagai kretifitas untuk menampilkan hasil yang memiliki tema menarikakan dihasilkan oleh masyarkat, serta atraksi-atraksi yang menarik untuk dilihat.

Karnaval tersebut biasanya dipersiapkan beberapa hari sebelum hari berlangsungnya karnaval. Pembuatan atribut yang menarik dan unik dipersiapkan dengan baik. Latihan untukmenampilkan atraksi dan keserasian gerak pada saat karnaval pun dipersiapkandan dilakukan.

Karnaval ini biasanya dilakukan menyusuri jalan besar desa dengan titik awal pemberangkatan dari perbatasan desa menuju perbatasan desa lainnya yang berada di seberang.

Jalan yang dilalui oleh karnaval ini akan dipadati oleh penonton yang antusias  dalam melihat prosesi karnaval tahunan tersebut. Pelaksanaannya dari jam 1 siangsampai selesai.

Hari dan tanggal pelaksanaan biasanya ditetapkan pada waktu libur akhir pekan, seperti har Sabtu ataupun hari Minggu setiap tahunnya setelah tanggal 12 Mulud. Seperti pada 2013 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Januari 2013. Pada hari itu saat siang hari, jalanan besar desa akan ditutup karena dipadati oleh warga yang hendak menonton acara karnaval yang meriah tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin melihat harus masuk dan menerobos jalan-jalan kampung yang tidak ditutup dan tentu saja akan dipenuhi oleh para pengunjung. Mauludan menjadi waktu yang menarik untuk melihat perayaan karnaval besar-besarantersebut bagi masyarakat desa Dukuhseti.
Dan acara ini akan terus dilakukan rutin untuk setiap tahunnya, seperti tahun ini dan tahun yang lalu, begitupun untuk tahun depan.
Insyaallah.
thumbnail
Judul: Haul Mbah Brojo Seti
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Perayaan Keagamaan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz